Cara Menampilkan Data Covid-19 Agar tidak membuat Panik Masyarakat

Tampilan beberapa website berita dalam menambilkan data covid19 di Indonesia

Perhatikan 3 data diatas. Semuanya menampilkan data yang sama dan dari suember yang sama, namun akan memberi efek psikologi berbeda Bagi pembaca.  Pada diagram pertama orang akan berpikir, oh ternyata jumlah kasus di Indonesia sangat kecil, cuma 5 ribuan kasus sementara didunia sudah tembus angka 2 Juta. Ini juga yang disampaikan mentri Investasi, terlalu menyepelekan keadaan.

Diagram kedua dan ketiga menyampaikan data secara lengkap, beda dengan data pertama, data kedua menampilkan data yang dirawat, Hal ini PENTING karena dengan data itu kita bisa tahu persis kondisi Real yang positif SAAT ini. Bukan kumulatifnya saja.  Hal ini penting apalagi kalau nanti data sembuh sudah lebih banyak dari data yang dirawat. Di china kasus Corona mencapai 82.000-an kasus, namun yang sembuh sudah diatas 77000 pasien. Artinya yang dirawat hanya tinggal 5000 kasus atau sudah dibawah 7 Persen.  maka status dalam perawatan ini Wajib ditampilkan agar kita bisa melihat realita HARI INI, Masyarakat jangan di takut-takuti dengan jumlah Positif yang terus bertambah.

Namun demikian jika boleh saya usul, Untuk menimbulkan harapan dan efek positif serta mengurangi kecemasan di masyarakat, saya menyarankan Media TV dan Online menampilkan dengan format dibawah ini


Besarkan Format yang dirawat dan sembuh, sementara total kasus dan meninggal di kecilkan ukuran fontnya sehingga tidak menimbulkan kepanikan  di Masyarakat. selain data diatas, kita berharap media pemberiataan lebih memilih judul Judul positif seperti jumlah yang sembuh di headlinenya.

Kita berharap dengan menonjolkan data Dirawat dan Sembuh, Kepanikan masyarakat berkurang dan timbul rasa Optimisme bahwa kita bisa menghadapi wabah ini secepatnya dengan meminimalisir korban jiwa tentunya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna kata "Shit" dalam kalimat bahasa inggris

Analisa Kekalahan Prabowo Sandi di Pilpres 2019

Review dan Penjelasan Alur Cerita Interstellar (2014)