Mengenal Tipe Tipe Pemerintahan

 


Kemarin saat scrolling di twitter ada gambar ilustrasi menarik tentang tipe tipe pemerintahan di dunia, nah gambar itulah yang anda lihat diatas. Namun apasih perbedaannya dan negara mana yang menggunakan sistem tersebut. 

Mari kita simak penjelasannya berikut : 

Demokrasi 

Sistem Pemerintahan dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dan Pemimpin dipilih oleh rakyat baik secara langsung ataupun tidak langsung. Sebagian besar negara dunia termasuk negara demokrasi termasuk Indonesia. 

Komunisme 

Definisi Resmi di Wikipedia tetang Negara  komunis adalah istilah politik yang digunakan untuk mendeskripsikan bentuk pemerintahan suatu negara yang menganut sistem satu partai dan mendeklarasikan kesetiaan kepada komunisme (Marxisme, Leninisme, atau Maoisme). Kata kuncinya ada pada satu partai. Contoh Negara komunis adalah Cina, Korea Utara dan Cuba. 

Sosialisme 

Sosialisme adalah negara yang fokus pada kesamaan hak para warganya terutama dibidang ekonomi. Hal ini mirip dengan komunisme.  Fokus pada Negara sosialisme adalah Bahwa rakyat mendapatkan kesejahteraan yang sama. Contoh negaranya adalah Nepal dan Srilanka. 

Oligarki 

Oligarki adalah sistem pemerintahan dimana sebagian kecil Orang kaya /terkenal/ keluarga bangsawan yang mengatur sebagian besar rakyatnya yang umumnya miskin atau perpendapatan 'midle income'. Contoh negara yang dianggap sebagai negara oligarki adalah Rusia, Amerika Serikat serta Ukrania. 

Aristokrasi 

Adalah sistem pemerintahan yang mengelompokan masyarakat kedalam kelas kelas sosial. Contoh sistem aristokrasi pernah di terapkan Jaman Kolonial dimana Pemerintah membagi Rakyat menjadi 3 kasta yaitu kasta Kulit Putih, Kasta Pribumi dan Kasta Pendatang. Sebagian Negara lain membagi Rakyatnya kedalam kasta seperti India misal kasta Brahmana, Ksatria, Waisak dan sudra. 

Walaupun sistem ini sudah jarang dipakai, namun pada kenyataannya Aristokrasi tetap terjadi diberbagai Apartheid termasuk kedalam sistem aristokrasi dimana Orang Kulit Putih sebagia penguasa (warga kelas satu)  dan Orang kulit hitam sebagai Warga Kelas dua. 

Monarki 

Bahasa Mudahnya adalah sistem kerajaan, jika Raja meninggal maka anak dari raja yang akan meneruskan sebagai penguasa. Sistem monarki sudah banyak ditinggalkan walaupun masih ada beberapa negara yang masih eksis seperti Brunai darusalam, Thailand, Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia. 

Theokrasi 

Theokrasi adalah sistem pemerintahan yang menjadikan Kitab Suci/ Aturan Satu Agama Tertentu sebagai dasar Negara dan Pemerintahan. Contoh Dari Negara Theokrasi adalah vatikan, Saudi Arabia, Israel dan Afganistan. 

Kolonialisme 

Adalah sistem pemerintahan dimana "Pendatang" datang kesuatu wilayah dan menjadi Penguasa di wilayah tersebut. Era Kolonialisme pernah dialami dunia di abad 16 s/d abad 20. Umumnya Negara Eropa yang datang kesuatu wilayah di Asia, Afrika atau Amerika Latin dan Mengklaim bahwa mereka adalah penguasa daerah tersebut padahal sudah sangat jelas disitu ada Pemerintahan Lokal / Kerajaannya/ Pemerintahnya. 

Apakah Kolonialisme masih ada? Masih, Palestina adalah salah satunya, dimana Israel sampai hari ini masih menjajah penduduk Palestina. Seperti kita ketahui bersama bahwa Israel adalah negara yang didirikan oleh orang orang yahudi di tanah Milik Orang Palestina. 

Totalitarianisme

Totalitarianisme adalah bentuk pemerintahan  yang menghalangi adanya pihak oposisi, membatasi oposisi seorang individu terhadap suatu negara beserta segala tuduhannya, dan melaksanakan kendali terhadap kehidupan publik dan pribadi warga negaranya dengan tingkat sangat tinggi.

Jerman Era Hitler,Soviet  era Stalin  da RRC era  Maozedong, berkuasa sering disebut sebagai contoh Negara dengan prinsip Totalitarianisme. 

Junta Militer 

Adalah sistem pemerintahan dimana Militer berkuasa penuh. Contoh negara Junta saat ini adalah Myanmar 

Catatan Penting 

Kadang suatu negara mengadopsi suatu sistem pemerintahan tertentu namun dimata rakyatnya dianggap berbeda dengan sistem resmi yang ada. Selain itu beberapa negara bisa dikelompokan kedalam lebih dari satu  kategori sebagai contoh Arab Saudi adalah Negara dengan Sistem Monarki namun juga Theokrasi. Cina di era Mao Zedong adalah Negara komunis namun sistem pemerintahannya menganut Totalitarianisme. 

Negara Amerika Serikat yang sering dianggap Negara demokrasi sering juga dituduh sebagai negara Oligarki karena Perusahaan Besar yang menentukan pembuatan Undang undang bahkan masing-masing perusahaan besar mempunyai Tim Lobi di Senat/ Kongres agar suatu Undang undang bisa diGolkan atau dibatalkan tergantung kepentingan Orang orang kayanya atau perusahaan besar. 

Intinya, Dunia ini kompleks dan Tidak hitam putih, dan jangan heran jika Cina saja menyebut Dirinya Negara Demokrasi atau India yang menganggap dirinya Negara demokratis sekuler walaupun kenyataan dilapangan tidak demikian? 

Bagaimana dengan Indonesia? Silahkan dinilai sendiri. 

Komentar