Minggu, 21 Juni 2020

4 Quadran Ilmu / Tingkat kepentingan Ilmu

Waktu  kita di dunia ini sangat terbatas, oleh karenanya kita harus bijak ketika mencari ilmu, termasuk membaca, mendengarkan audio/podcast atau video/ dokumenter dan belajar secara umum. 

Berikut ini adalah metode candra dalam pembagian ilmu. Secara umum ilmu dibagi menjadi 4 quadran yaitu quadran 1 sd 4 
1. Ilmu yang wajib kita  mengetahui, memahami dan menguasai keahlian nya
2. Ilmu yang kita cukup tahu dan cukup bisa memahaminya  dan menguasai ala kadarnya ( otodidak/ amatir) ( ilmu pendukung)
3. Ilmu yang cukup kita tahu tanpa menguasainya 
4. Ilmu yang tidak perlu kita tahu dan tidak perlu kita kuasai ( dan tidak perlu cari tahu)

Saya akan kasih contoh dengan asumsi kita seorang guru . Jika profesi anda lain maka quadran quadran ini bisa anda sesuaikan dengan pekerjaan atau profesi atau lingkungan anda. 

Ilmu quadran 1

Ilmu cara mengajar dan materi ajar adalah ilmu wajib yang harus dikuasai seorang guru. maka segala hal teknik mengajar harus dipahami,dikuasai dan terus diasah 

Ilmu quadran II

seorang guru diera IT sekarang ini juga harus paham perangkat bantu ajar atau alat bantu ajar seperti komputer, internet, google classroom, powerpoint dan sebagainya. Guru harus tahu llmu ini walaupun komputer bukanlah bidang keahliannya. 

Ilmu quadran III

contoh ilmu yang paling realistis dimasa covid adalah ilmu tentang kesehatan untuk diri pribadi dan murid tentang bagaimana mencegah penularan dan mengikuti petunjuk gugus tugas. guru tidak perlu tahu bagaiaman DNA virus,cara buat obat agar bisa menyembuhkan dan sebagainya, biarkan poin ini dilakukan oleh petugas kesehatan. 

kita cukup tahu. ilmu quadran 3 ini harus banyak dikuasai oleh para manajer , manajer harus paham dengan wawasan luas tentang ilmu ilmu diluar bidangnya, Wikipedia bisa menjadi awal untuk memahami ilmu ini, paling tidak kalau diajak ngobrol oleh orang yang tidak sebidang dengan kita kita masih bisa mengikuti.

COntoh ilmu jenis ini seperti cara memperbaiki motor rusak, cara kerja mesin motor dan sebagainya, itu tidak perlu kita tahu. tapi kita cukup pakai saja. 

Ilmu quadran IV

ini adalah kelompok Ilmu yang tidak perlu kita tahu dan tidak perlu mencari tahu.  Contoh ilmu ini adalah segala macam GOSIP ARTIS dan GHIBAH tentang kekurangan orang lain. ini pengetahuan yang tidak perlu di cari.

contoh ilmu kelompok ini adalah ilmu memahami bahasa asing seperti bahasa cina. tidak perlu kita belajar bahasa cina kalau tidak pernah kita berinteraksi dengan orang china atau tidak kita pakai dalam keseharian kita atau pekerjaan kita, hal iniberlaku juga untuk bahasa  dan bidang lainnya. 


Ilmu quadran IV ini sangat relatif tergantung bidang kita. namun ilmu /pengetahuan tentang GOSIP/RUMOR dan dugaaan prasangka dan berita yang tidak ejlas kebenaranya kita sepaka secara mutlak bahwa INI adalah pengetahuan USELESS yang harus kita jauhi Pengetahuan gosip dan ilmu sejenis ini harus kita masukan kedalam kotak 
"Kita tidak Tahu, Tidak perlu cari Tahu, Jangan Mau di kasih Tahu""

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Taat pemerintah dalam protokol covid

dsakfjalkfja  dafjdaklfjd a jdfajdf a djfakdfj a dafjdfajdfdjf jadfkadfj