Langsung ke konten utama

Review Dark Knight Rises (2012)

Setelah menunggu lebih dari satu tahun sejak trailernya muncul, akhirnya The Dark Knight Rises (TDKR) rilis juga di bioskop. Bagi yang belum tahu, TDKR adalah film ketiga (trilogi) dari Film live Action Batman yang disutradarai oleh Cristopher Nolan. Dua film sebelumnya adalah The Dark Knight (2008) dan Batman Begin(2005). Thema utama dari film ini adalah kehancuran dan rasa sakit, itulah mengapa saat anda lihat trailernya banyak adegan ledakan, perkelahian dan kekacauan yang terjadi di kota Gotham.

Pemeran 
Dalam ending trilogi ini, semua tokoh penting dalam batman merupakan aktor dan aktris papan atas, sebut saja Cristian Bale sebagai Batman, Tom hardy sebagai bane, Marion Cotillard sebagai Miranda tate, Joseph Gordon Levit sebagai Jhon Blake, Michael Cane sebagai Alfred,William Nesson sebagai Rash As Gul, Gary oldman  sebagai James Gordon,Anne Hattaway sebagai CatWoman   dan Morgan Freeman sebagai  Lucius Fox.

Cerita
Dari sisi cerita TDKR lebih dekat ke Batman Begin ketimbang The Dark Knight. Di Film ini, Joker sama sekali tidak disinggung, dua tokoh di film The dark Knight yang disinggung hanya pacar Bruce (Rachel Dawes) dan Harvey Dent, Itupun hanya dalam bentuk Foto.

Film ini berlatar belakang 8 tahun setelah kejadian terbunuhnya Harvey dent. Masyarakat menganggap bahwa batmanlah yang melakukan pembunuhan tersebut. Selama 8 tahun, kota Gotham aman terkendali sampai munculnya Bane, penjahat  yang kuat secara fisik sekaligus cerdas dalam hal perencanaan. Rencana utama bane adalah meledakan Gotham dengan Bom Nuklir dengan timer bom serta tidak membolehkan satupun warga gotham keluar dari kota selama lima bulan atau bom meledak saat itu juga, hal ini membuat pemerintah amerika ketar ketir.

Sementara itu,  selama  8 tahun Bruce menyendiri di rumahnya dan tidak pernah keluar sejak kejadian terbunuhnya Harvey Dent dan Rachel. Hal yang paling menyedihkan adalah kenyataan bahwa Bruce wayne tidak tahu bahwa Rachel hanya menganggapnya sebagai teman. Bruce wayne digambarkan seorang yang pincang  karena terjatuh dari gedung saat menolong anak James Gordon, lihat kembali film The Dark knight (2008) jika ingin tahu lebih detail.

Munculnya Bane di kota Gotham memaksa Batman bangkit kembali. Aksi pertama Bane yang membuat geger warga Gotham adalah sabotase pasar saham yang kemudian diikuti oleh kejar kejaran antara polisi, batman dan Bane. karena kemunculan batman inilah justru Bane lolos,  polisi malahan mengejar Batman. Adegan tadi baru adegan awal teror bane, teros selanjutnya adalah meledakan lapangan football dan menghukum para orang kaya dengan cara dibuang ke sungai yang membeku dan hartanya di jarah oleh warga miskin.Kelanjutannya tonton sendiri.  Sebagian komentator menganggap bahwa film ini mempunyai agenda politik sosialis. Whateverlah! yang penting filmnya super keren!



Penokohan 

Hal yang tidak disangka dan tidak diduga adalah peran Jhon Blake dan Miranda tate sangat menentukan di film ini, boleh dibilang sangat menonjol melebihi Alfred atau Lucius Fox. Ada apa gerangan? Yang jelas ada hal yang mengejutkan di endingnya. Begitu juga dengan Cat woman, saya tidak menyangka Anne Hattaway yang biasa bermain di film drama percintaan bisa melakukan adegan fisik perkelahian yang sangat keren.

Bane yang diperankan Tom hardy juga keren abis, Suara bane yang keluar membuat tokoh bane ini makin menyeramkan, persis seperti yang Selina kyle bilang :" You must be afraid of him as I am". Bruce wayne sendiri ditampilkan sangat manusiawi disini, di awal kemunculannya sebagai batman, dia di  Hajar bane habis habisan, bahkan topeng batman saja sampai hancur. Untuk mendapatkan kemampuannya kembali, dia harus latihan terus menerus selama lima bulan, ingat ya anak anak, untuk menjadi kuat itu tidak perlu di gigit laba laba apalagi minum obat kemudian jadi mutan. Untuk jadi kuat cukup olah raga dan latihan beladiri  sert praktik secara terus menerus.

Hal yang kurang kuat penokohannya ada pada Marrion cotillard, diawal perannya sebagai miranda tate cukup bagus, tapi pas di akhir apalagi pas *spoiler* mati diatas mobile.Meh...adegannya kurang punya jiwa. Bagaimana dengan Jhon blake? Jhon blake benar benar tokoh yang berperan signifikan di TDKR, dia bisa dibilang menggantikan peran James Gordon sebagai detektif di kepolisian Gotham. Kejutan dari Jhon Blake  diakhir film benar benar diluar dugaan penonton. Pada saat saya nonton, sebagian besar pentonton langsung t tepuk tangan dan  keluar bioskop dengan wajah sumringah sambil terus kagum karena film yang sangat super   keren habis dari the dak knight Rises.

OST SoundTrack 
Hanz zimmer kembali membuktikan kepiawannya dalam menggarap sound latar yang mengiringi cerita ini, dengan cerita yang mendalam, Sound system yang super cool, soundtrack  yang mengiringi setiap adegan membuat TDKR menjadi super super awesome dan membawa emosi penonton kedalam film dan menginsepsi penonton :" Filmnya keren, besok nonton lagi neh!". Lihat trending topik The dark knight rises di Twitter kalau tidak percaya.

Apa yang Super keren? 

Semua hal dari film ini benar benar epic (Extremely awesome alias super keren abis), terutama adegan kejar kejaran batman, aksi cat Woman, perkelahian Bane dan Batman serta perang di tengah kota antara Ribuan polisi dan penjahat, Endingnya sendiri lebih dari sekedar epic. Endingnya Super Awesome Epic.Cool abis, bagi yang pernah nonton Avengers, setelah lihat ending TDKR anda baru tahu bahwa Avenger berasa film super hero  sampah yang tidak realistis *Sorry avengers fans*. 

Sekali lagi, kejeniusan Nolan dalam menggarap TDKR mengokohkan dia sebagai salah satu sutradara terbaik sepanjang masa dan Trilogi Batman garapannya akan menjadi Legenda sampai puluhan tahun mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara beli Tiket Bioskop Dengan M-TIX

Saya yakin sebagian besar penonton Bioskop biasanya antri untuk melakukan pembelian tiket. Tidak ada yang salah dengan antri, hanya saja tidak ada jaminan bahwa anda akan mendapatkan tiket setelah antri panjang terutama untuk film film box office yang sedang populer seperti Furious 7 atau sebentar lagi Avenger 2. Bagi kamu kamu yang sering nonton, lebih baik gunakan layanan M-TIX tanpa harus repot antri. M-TIX adalah layanan penjualan tiket bioskop di jaringan 21 dengan menggunakan SMS, Telpon ataupun pesan lewat web. Panduan di artikel ini fokus pada dua hal yaitu cara menjadi anggota M-TIX dan cara pesan tiket lewat Web. Cara menjadi Anggota M-TIX Cara menjadi anggota M-TIX cukup mudah, datang saja ke bioksop yang melayani M-TIX dan bilang ke bagian layanan M-TIX ingin mendaftar. Bagaimana kita bisa tahu bioskop tersebut melayani M-TIX? Cara pertama, cek di webnya, jika anda melihat jadwal dan jam tayang bisa diklik dan bisa dilakukan lewat M-TIX, berarti bioskop mendukung, cara...

Panduan Cara Naik Pesawat Untuk Pemula

Setiap hal yang kita lakukan pasti ada yang pertama, termasuk dalam hal naik pesawat. Panduan ini saya tujukan buat yang baru pertama kali MAU naik pesawat. Bagi anda yang sudah sering naik pesawat, mungkin artikel seperti ini tidak ada manfaatnya, namun bagi yang pertama kali, InsyaAllah sangat bermanfaat. Artikel ini saya susun berdasarkan pengalaman pribadi dan bagi yang lebih berpengalaman, saya akan senang hati menerima masukan dan tambahan info. Panduan ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu; 1. Beli tiket 2. Check in 3. Boarding 4. takeoff 5. Di pesawat 6. Landing 7. Transit 8. Pembatalan dan penundaan 9. Refund 10. Lain lain 1. Beli tiket  Membeli tiket pesawat saat ini sangat mudah, anda bisa langsung membeli tiket di situs maskapai atau di situs seperti traveloka dan utiket. Jika anda tidak bisa pesan online, silahkan datang ke agent travel atau ticketing. Jasa pembelian tiket ini tersebar di berbagai kota besar dan kecil di in...

Cara mengikuti sidang Tilang SIM

Kemarin, saya kena tilang. Biasanya sih, proses ditempat, si polisi akan bilang begini " Mau ikut pengadilan atau disini aja mas?" atau kalimat sejenis. Nah waktu saya ke magelang, saat saya kena tilang karena tidak ada sim, tidak ada kata kata diatas. Adanya SIlahkan mas datang tanggal sekian jam sekian untuk ikut sidang..bla bla bla..Ga ada duit di meja dan ga bisa bayar disitu. Proses tilang  Saat  ditilang petugas akan mencatat nama kita berdasarkan KTP. sementara STNKnya di jadikan barang bukti dan kita akan diberi surat tilang.  Saat mendapat surat tilang, nanti disitu di beri tahu kapan tanggal sidang dan lokasi sidang. Biasanya sih di Pengadilan Negeri di kabupaten atau kota tempat kamu kena tilang. Simpan kertas bukti tilang sampai tanggal pengadilan dan selalu bawa bukti itu sebagai Ganti STNK. Saat saya tanya ke petugas, "bagaimana kalau saya kena tilang ditempat lain karena STNK disita ?" petugasnya bilang : " tunjukin saja surat til...